Jumat, 14 September 2012

AC-MATIC SEDERHANA





Saya tertarik dan sangat penasaran pada catu daya jenis switching ini. Bagaimana ya agar kita bisa mewujudkan catu daya ini yang sekarang keberadaannya sudah menggeser kedudukan catu daya jenis konvensional alias "jadul-jaman dulu". Dimana catu daya tersebut menggunakan trafo inti besi yang pastinya kita sudah terbiasa merakitnya dengan mudah. Terus terang sebuah tantangan bagi saya untuk mewujudkan catu daya memiliki kelebihan yang luar biasa ini.


      Adapun kelebihan catu daya switching tersebut diantaranya adalah mampu mengatasi drop tegangan jala-jala listrik PLN dan juga meski bentuk yang sangat mungil. Ringan lagi! tetapi memiliki kapasitas daya/arus yang sangat besar. Kelebihan yang sangat saya sukai adalah jika terjadi konsleting atau pun juga salah menyambung/terbalik, output catu daya ini menjadi nol.

Ide bermula dari Modul Regulator Switching Multi Fungsi
      Ada cara yang bisa dibilang mudah untuk membangun catu daya switching ini karena tidak diperlukan pemasangan komponen per komponen satu demi satu hingga terwujudlah menjadi sebuah rangkaian yang siap pada tahap diujicobakan. Bagaimana caranya! yaitu hanya tinggal memasang modul regulator switching gitu saja. Bagi yang sering reparsi pesawat televisi pasti sudah familier pada modul regularor ini. Ketika regulator TV rusak, cabut semua komponen di bagian input trafo dan pasang modul tersebut. Mari kita terapkan ide ini untuk membuat catu daya switching ala Chief Fara Quin, eh ...ala kita sendiri alias made in sendiri. Wah senang pasti! Akhirnya bisa membuat sendiri Catu daya Switching ini. Suatu kebanggaan karena masih jarang yang bisa merakitnya, sekarang giliran kamu.Berani coba Siapa takut!
Bahan
Bahan yang diperlukan sebagai berikut









1. Modul regulator switching

 


























2. Transformator
    Untuk trafo dapat kita menggulungnya sendiri atau trafo dari eks switching      regulator yang telah rusak dan kita manfaatkan trafonya. Oleh karena itu jika     memiliki switching regulator yang sudah jebol jangan dibuang     dulu,bisa kita ramu         lagi agar berfungi .                                                       

3. Beberapa komponen pendukung diantaranya; Transistor, Optocoupler, Dioda zener,          Resistor dll.


     
Skema Rangkaian


Gambar 2. Skema Rangkaian AC-Matic Regulator

Perakitan
      Modul Switching Regulator memiliki tiga kabel output dengan warna Merah. Hitam dan Biru. Trafo Ac matic di bagian Primer memiliki empat kaki dan Sekunder terdapat dua kaki. Sesuai skema gambar kabel warna merah dihubungkan pada kaki trafo Tap tengah ( urutan ke tiga dari kaki trafo yang dapat ground ). Kabel warna hitam dihubungkan pada kutub negatif elko 100uF/400V, dan kabel warna biru pada saklar pengendali optocoupler
  
Uji Coba 
      Untuk uji coba sangat perlu hatii-hati, karena itu lebih baik jangan langsung di hubungkan pada sumber AC 220V, tetapi bertahap dimulai dari tegangan 100VAC, Sumber tegangan 100VACdapat  berasal dari Stabiliser/Stavolt CPU, dapat juga dibuat sendiri dari trafo.

SELAMAT MENCOBA...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar